Peliharaan

Memelihara Kura-kura Brazil (Air Tawar)

Peliharaan yang awet dan mudah di pelihara

Kura Kura Brazil

Kura kura brazil merupakan salah satu kura kura yang sangat populer diindonesia,dimana selain mudah ditemukan,kura kura ini juga mudah untuk dipelihara,tidak memerlukan banyak biaya untuk perawatannya.Kura kura hijau tersebut hidup di air tawar,dimana banyak ditemukan di sungai sungai yang ada di bagian selatan amerika,biasanya hewan ini dipelihara untuk di masukkan kedalam aquarium.

Kura Kura ini juga dikenal dengan sebutan “red ear slider” karena terdapat semburat warna merah dibelakang mata nya yang menyerupai telinga.hewan tersebut memiliki tempurung berwarna campuran hijau dan kuning,usianya bisa mencapai 20 tahun,dengan ukuran tubuh mencapai 30 cm.

Kura kura Ini berkembang biak dengan cara Bertelur,sekali bnertelur dapat menghasilkan antara 20-45 butir telur tergantung pada kesuburan dan keadaan cuaca.Kura kura brazil biasanya bertelur sekitar bulan agustus hingga september dan memerlukan waktu penetasan sekitar 3 minggu,setelah menetas,anakan kura kura akan cepat cepat mencari perairan untuk tumbuh dewasa.

Tempat Hidup Kura Kura Brazil

Karena memang hidup di air tawar,kura kura brazil dapat dipelihara di kolam ataupun aquarium,namu jangan salah,jangan mencampurkan antara ikan dan kura kura,karena kura kura brazil merupakan salah satu hewan yang tergolong agresif,jadi jiika dicampurkan dengan ikan,mungkin ikan akan mati terkena cakaran kura kura atau bahkan dimakan.

Makanan Kura Kura Brazil

Pada saat ini bagi pemelihara kura kura sangat mudah untuk menemukan makanannya,di toko hewan sudah banyak yang menyediakan pur/pelet khusus kura kura,namun makanan pur tersebut kurang baik untuk perkembangan pigmen warna kura kura brazil,akan lebih baik jika diberi makanan berupa daging/ikan dan dedaunan tertentu.

Kura-kura kadang suka menolak makanan yang diberikan. jika dia menolak makanan yang diberikan, jangan khawatir, coba berikan makanan lainnya. terkadang masalahnya kura-kura menginginkan makanan yang sedang diingininya namun tidak diberikan, dan dia akan menolak makan sampai makanan yang diinginkannya diberikan. selama kura-kura mau makan sesuatu, berarti tidak ada masalah dengan kesehatannya. kita patut curiga kura-kura sakit jika kura-kura menolak semua makanan yang diberikan

Penyakit Kura Kura Brazil

Kebanyakan, penyakit yang timbul dikarenakan kurang bagusnya kualitas air, kurang pencahayaan dan gizi yang kurang baik. ciri-ciri Kura-kura sakit:

  • Tidak napsu makan
  • Pernafasan Yang Tidak Normal
  • Mata Bengkak pada kura kura
  • Terjadi Perubahan atau bercak putih di tempurungnya

Yang harus dilakukan untuk kura-kura sakit:

  • Menjaga selalu Kebersihan Air
  • Menaikkan Menaikkan suhu 23 °C sampai 30 °C
  • Memperhatikan kotorannya
  • Terus memberiksn Makanan kepada kura-kura.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button